Langsung ke konten utama

[Step By Step] Proses Pembuatan Sablon Baju Secara Manual

Mau Bikin Baju Sablon Sendiri ? Yuk Simak Proses Pembuatan Sablon Baju Secara Manual Berikut !


Sablon Baju Sendiri Di Rumah, Apa Bisa ?

Bagi kamu yang ingin merintis usaha sablon sendiri, bisnis bikin baju sendiri tentunya akan lebih menghemat biaya jika kita mapu menyablon secara manual sendiri. Karena jauh lebih efektif dan efisien.

Lalu timbul pertanyaan apakah membuat sablon baju yang kita inginkan secara mandiri ? jawabannya tentu saja bisa, karena sejatinya proses penyablonan pakaian adalah hal yang tidak terlalu rumit. jadi sebelum melakukan proses sablon baju ada baiknhya kamu simak ulasa kami berikut ini :

Sejarah Teknik Sablon

Teknik sablon pertama kali ditemukan di China pada zaman Dinasti Song (960 – 1279 M). Kemudian beberapa negara Asia seperti Jepang dan lainnya mulai mengadopsi metode cetak baju kaos ini dan mengembangkan dan memadukannya dengan penggunaan teknik sablon atau cetak lainnya.

Penerapan sablon secara artistik pada kaos mulai populer pada tahun 1960-an di Amerika Serikat dan negara negara Eropa, setelah seorang artis ternama, Andy Warholl, gencar menggunakan kaos sablon pada setiap busana-nya.

Proses Penyablonan

Berikut akan kami jelaskan secara gamblang proses pembuatan sablon baju kaos secara manual lengkap dengan langkah langkahnya.

Pertama tama sebelum melakukan proses penyablonan, sediakan alat-alat yang dibutuhkan untuk menyablon

1. Screen dan Frame




2. Rakel




3. Busa




4. Kaca Bening




5. Foto Emulsi




6. 250 watt




Step by Step Proses Menyablon Baju Manual

Setelah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan berikut adalah proses menyablon baju yang benar

1. Siapkan Alat Yang Dibutuhkan

Pertama siapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk menyablon baju kamu seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya. Agar hasil lebih maksimal siapkan juga ruangan untuk sablon yang gelap.

2. Buat Desain Untuk Sablon




Langkah selanjutnya adalah membuat desain yang akan digunakan untuk menyablon, anda bisa menggambar sendiri ataupun menggunakan gambar dari hasil print ( usahakan desain memiliki resolusi yang tinggi) pastikan desain yang kamu buat menggunakan warna hitam pekat.

Cetak desain tersebut pada kertas transparan menggunakan printer laser atau inkjet, yang bisa Anda cetak sendiri apabila memiliki perlengkapannya atau print di tempat printing terdekat.

3. Lapisi Screen Dengan Emulsi




Setelah menyiapkan desain langkah selanjutnya ialah melapisi screen yang telah disiapkan dengan emulsi foto. Campur dan aduk terlebih dahulu emulsi dengan sensitizer yang disediakan satu paket sesuai dengan instruksi pada kemasan.

4. Panaskan Desain Menggunakan Lampu



Letakkan screen kemudian letakkan kertas transparan berisi desain tadi pada bagian screen yang sudah dilapisi emulsi foto. Tempelkan kertas transparan pada screen menggunakan selotip.

Arahkan lampu pijar ke arah gambar, dan jangan nyalakan lampu apapun selain lampu pijar tersebut. Kemudian tunggu kira-kira hingga 10 sampai 15 menit, setelah itu tarik dengan perlahan kertas transparan tersebut.

Jika sudah, Anda akan melihat desain Anda seperti terbakar dan menempel pada screen dalam bentuk semacam garis biru tipis di pinggiran gambar. Ulangi pemanasan apabila dirasa perlu namun tetap hati hati agar tidak terlalu lama.

5. Siram Screen Dengan Air Dingin

Pegang frame dan screen lalu semprotkan air dingin hingga emulsi foto mengelupas pada bagian desain Anda. Setelah bentuk desain terlihat jelas, keringkan screen tersebut lalu. Setelah kering, lapisi bagian screen yang tidak terkena area desain Anda menggunakan selotip.

6. Mulai Proses Sablon

  • Pertama-tama letakkan kaos polos pada bidang datar lalu letakkan screen di area yang ingin Anda sablon.
  • Tuangkan tinta sablon pada permukaan screen secara perlahan dengan arah horizontal. Kemudian ratakan satu arah ke bawah dengan rakel hingga tinta melapisi screen dengan merata.
  • Setelah itu lapisi terus tinta ke atas, kiri, kanan, bawah menggunakan rakel yang sedikit Anda tekan supaya tinta dapat terdorong ke permukaan kaos dengan merata.
  • Setelah itu angkat screen secara perlahan dan tunggulah hingga sablon kering.
Untuk Lebih lengkapnya silahkan cek Video berikut : 



7. Bersihkan Peralatan Yang Telah Digunakan

Perlu kamu perhatikan bahwa tinta sablon sangat mengering sehingga dapat dipastikan akan mudah menempel pada permukaan screen. Untuk itu, setelah proses sablon selesai Anda perlu segera mencuci dan membersihkan screen dengan air agar bersih dari tinta sablon yang menempel. Sehingga screen dapat digunakan kembali untuk sablon kaos lainnya.


Nah, itu dia tadi Beberapa langak proses sablon baju seacara manual yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. 







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Tempat Jasa Bikin Kemeja Terbaik Di Jogja

Banyaknya vendor dan jasa konveksi kemeja di Jogja tentu membuatmu kesulitan dalam memilih vendor mana yang terbaik. Untuk itu pada kesempatan kali ini, kita telah menghimpun beberapa daftar rekomendasi Tempat Jasa Bikin Kemeja Terbaik Di Jogja. List Jasa Bikin Kemeja Terbaik Di Jogja 1. Ozza Konveksi Ozza Konveksi adalah perusahaan konveksi yang telah berpengalaman lebih dari 11 tahun dalam pembuatan berbagai produk pakaian, salah satunya adalah kemeja. Kemeja yang diproduksi antara lain; kemeja batik, kemeja polo, kemeja kerja, kemeja korsa, kemeja denim dan masih banyak lagi yang lainnya. Harga jasa bikin kemeja yang ditawarkan oleh Ozza Konveksi juga cukup kompetitif. Dengan pelayan yang ramah dan responsif, tidak mengherankan jika Konveksi ini dipercaya oleh berbagai instansi dalam proyek pengadaan kemeja maupun seragam dalam jumlah besar. Informasi kontak : Website: ozzakonveksi.com Instagram: @ozza_konveksijogja Twitter (X): twitter.com/ozzakonveksi Alamat: Jl. Depokan II, RT.3

Daftar Konveksi Yang Ada di Semarang

Cek Daftar Lengkap Jasa Konveksi Yang ada Di Kota Semarang Apakah kamu saat ini sedang kesulitan dalam mencari daftar konveksi semarang yang bisa dijadikan bahn referensi buat baju kamu? Kalau begitu silahkan cek daftar konveksi di Semarang yang telah kami kumpulakn di bawah ini. 1. Ozza Konveksi Salah satu jasa konveksi yang  barbasis di kota Yogyakarta ini  tidak saja melayani pemesanan dari kota jogja saja namun juga dari seluruh wilayah Indonesia, termasuk kota Semarang. Produk yang dapat dikerjakan cukup bervariasi mulai dari: Kemeja, Kaos, Rompi, jaket, Tas tote Bag, hingga Topi. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, jadi kalau kalian sedang mencari tempat konveksi di Semarang bisa mencoba menggunakan jasa konveksi mereka. Info Kontak Telp:  0274-4438593 SMS/WA:  0896-1577-2461 Email:  ozzakonveksi@yahoo.com Web: www.ozzakonveksi.com 2. KONVEKSITOPI.ID Jika kamu berencana untuk membuat topi costum untuk berbagai keperluan, entah itu untuk komunitas, event, partai, instansi